Langsung ke konten utama

[Kuliner Bogor] Johnie’s Ais Kepal Milo, Makanan Hits Original dari Malaysia!


Hello Igers! Siapa nih di antara kalian yang suka nemu kuliner Ais Kepal Milo atau Es Kepal Milo di halaman all pencarian instagram? kalau saya hampir setiap hari. Awal-awal biasa aja, nggak begitu tertarik. Nah karena si Ais Kepal Milo itu selalu nongol di halaman tersebut, eh lama-lama penasaran juga. Tapi masalahnya, saya belum tahu dimana tempat bisa menemukan kuliner manis yang satu ini.

Dan semua berawal ketika negara api menyerang. Eh bukan, bukan. Semua berawal dari perjalanan saya menuju Waroenk Talubi untuk bertemu dengan teman-teman Blogger Bogor minggu lalu. Jalan Surya Kencana yang terkenal macet membuat laju motor melambat. Kalau begini, plang-plang toko dan kuliner-kuliner yang berjejer di kanan kiri jalan akan jadi pemandangan rutin. Dan, ketika saya sedang bengong-bengong cantik memperhatikan plang di kanan kiri, saya melihat pemandangan baru yang menarik yaitu plang bertuliskan ‘Johnie’s Ais Kepal Milo : Original Bukit Bintang, Malaysia’. Ya! Ada Ais Kepal Milo! Ais Kepal Milo! Horaaaayyyyyyyy ...

Dok. pribadi
Saat itu juga saya masukan Ais Kepal Milo sebagai target kuliner selanjutnya dan berkata dalam hati; “Sekarang gue tau lokasi beli Ais Kepal Milo dimana, ha ha ha ha ha”. Karena sudah lumayan telat, saya memutuskan untuk tidak membeli Ais Kepal Milo saat itu. Pikir saya nanti saja, harus ada waktu khusus untuk mengulik kuliner hits yang satu ini.

Akhirnya sabtu kemarin, sambil menemani Mutiara Cythia yang lagi kepingin jalan-jalan menyusuri kota bersama ojek online langganannya alias saya sendiri, kami memutuskan untuk menyusuri Jl. Suryakencana dan menjadikan Ais Kepal Milo sebagai target pertama. Apalagi saat itu panas matahari sedang terik-teriknya. Siang hari yang panas makan yang dingin manis emang paling cucok Badai Katrina bukan?

Dok. pribadi
Sampai di lokasi, dua porsi Ais Kepal langsung kami pesan. Setelah dicermati dengan seksama, Ais Kepal Milo ternyata terdiri dari es batu yang diserut, kemudian ditambahkan adonan susu Milo yang sangat kental di atasnya secara merata. Ada beragam toping yang bisa dipilih yaitu Coco Crunch, Oreo, Kacang, Keju, Chocochips, dan Meses Cokelat. Dalam satu menu, kita hanya diperbolehkan memilih tiga jenis topping. Saya memilih topping keju, kacang dan oreo. Sedangkan Muty memilih topping chocochips, keju dan oreo.

Dok. pribadi
Makannya diaduk rata ya.”, demikian sabda sang penjual kepada kami. It’s ok sir!

Dok. pribadi
Manut dengan perintah sang penjual, kami mengaduk parutan es batu, adonan susu Milo yang kental bersama tiga topping yang beragam secara merata lalu memulai sendokan pertama.

Srrrrrppppttttt ... Emmmhhh ... Wah ... gela ... siih ... e ... naaak ... ba ... ngeetttt ... !!!

Di antara cuaca panas tengah hari itu, hanya mulut dan tenggorokan kami lah mungkin yang paling adem. Rasa susu Milo besutan Nestle yang enaknya legendaris itu berpadu dengan parutan es batu yang crunchy terasa semakin nikmat bersama tiga jenis topping yang tadi kami pilih. Teksturnya tuh kraukkk ... kraukkk ... kraukkk ... gituuhhh.


Dok. pribadi
Dok. pribadi
Saya pribadi sangat suka dengan topping kacang karena cocok sekali dipadukan dengan cita rasa cokelat dari susu Milo, belum lagi tektstur kacangnya yang renyah dan tidak alot. Cita rasa gurih khas kacang nge-mix dengan rasa manis susu Milo yang khas. Yummy!

Sesuai dengan sabda sang penjual, satu hal yang harus diingat sebelum menikmati Ais Kepal Milo ini adalah mengaduk serutan es batu, susu milo, dan toppingnya secara merata supaya enaknya juga merata. Tidak terlalu manis di bagian tertentu atau kurang manis di bagian yang lain. Ais Kepal Milo juga lebih enak dinikmati selagi beku supaya kita bisa menikmati tekstur es serut yang krenyes krenyes maknyus.

Karena menurut kami menu ini recommended untuk dicoba, kami pun mengulik informasi lebih lanjut dan mengobrol dengan Mbak Selly, sang Owner yang kebetulan sedang ada di lokasi. Ternyata, menu Ais Kepal Milo pertama dikenal di Negeri Jiran Malaysia dan saat ini tengah viral dan digandrungi masyarakat Malaysia. Mbak Selly yang ketika melancong ke Malaysia tepatnya ke Bukit Bintang pun tertarik untuk membuka bisnis Ais Kepal Milo cabang pertamanya di Bogor.

Lalu, kenapa tidak pakai nama ‘Ice Kepal Milo’ atau  ‘Es Kepal Milo?’. Hal ini dilakukan karena Mbak Selly ingin mengadopsi secara original bahasa Melayu khas Malaysia yang menjadi negara asal adanya kuliner inovatif ini. Tak hanya itu, ia pun mendatangkan serbuk susu Milo langsung dari Malaysia. Terlihat beberapa kemasan jumbo serbuk susu Milo dengan bahasa Melayu khas Negeri Jiran berjejer di meja.

Dok. pribadi
"Lho, bukannya Milo dimana-mana itu rasanya sama ya?"

Awalnya saya juga berpikir begitu, tapi Mbak Selly menjelaskan bahwa ada perbedaan antara serbuk susu Milo di Malaysia dengan serbuk susu Milo di Indonesia. Menurutnya, cita rasa serbuk susu Milo dari Malaysia dianggap lebih asli dan lebih original.

Dengan mengimpor susu Milo langsung dari Malaysia secara rutin dengan biaya yang tidak murah, ia juga tak mau Ais Kepal Milo buatannya dikomposisikan dengan bahan-bahan yang tidak berkualitas. Terbukti dengan adanya upaya untuk memproduksi sendiri es batu supaya lebih higienis. Selain itu ia juga menggunakan topping-topping asli dengan kualitas juara. Pantas saja, tidak ada kesan ketir sama sekali ketika saya mencoba topping di Ais Milo tersebut.

Nah, ada satu lagi yang jadi pertanyaan saya ketika mencoba Johnie’s Ais Kepal Milo yaitu tidak adanya sticker brand Milo di cupnya. Ternyata, original Ais Kepal Milo di Malaysia atau khususnya di Bukit Bintang, cup-nya memang tidak ditempelkan brand susu Milo. Polos saja. Tapi tenang, di Johnie’s Ais Kepal Milo, kita akan mendapatkan cup dan sendok dengan kualitas yang baik. Nggak meletot lah istilah kerennya mah. Malah sayang kalau cup-nya dibuang begitu saja. Bisa kita manfaatkan kembali menjadi pot mini di rumah. Ya nggak, ya nggak? Biar zero waste gituuu, hehehe

Baru seminggu dibuka, Johnie’s Ais Kepal Milo sudah diserbu pembeli. Cita rasa Ais Milo yang nikmat didukung oleh posisi stand yang strategis yaitu tepat di salah satu titik pusat kuliner Kota Bogor menjadikan kuliner yang satu ini menggiurkan disantap di tengah kemacetan yang melanda. Cuma merogoh kocek Rp. 15.000 saja, Ais Kepal Milo sudah di tangan. Harga yang buat saya sangat worth it dengan kualitas bahan-bahan yang juara. Untuk menemukan Ais Kepal Milo asli Malaysia ini, kita bisa pergi ke Jl. Suryakencana no. 254, Kota Bogor tepatnya di samping Bank BCA.

Dok. pribadi

Komentar

  1. yap tambah lg 1 pengetahuan, terus berkarya ya mbak 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak bismar 😊🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curug Cikuluwung, Wisata Baru di Bogor yang Ngeri-ngeri Sedap!

Ngadem ngapa ngadem. Diem-diem bae hehehe Bumi sejenak menawarkan hangatnya matahari dan birunya langit dalam beberapa hari. Aaaahhh, enaknya sih ke tempat yang adem-adem. Apalagi di Bogor Barat, tempat wisata alamnya banyak gituuuhhh. Kebetulan ada wisata baru, saya bersama Muty pun menyempatkan diri untuk berwisata ke sana. Nama wisatanya adalah Curug Cikuluwung.
Kalau biasanya saya akan berkisah dari berangkat sampai pulang tentang perjalanan wisata yang baru saja dilakukan, kali ini saya cuma akan jawab pertanyaan saja. Pertanyaan yang setelah saya renungkan di tengah kamar yang berantakan mengenai informasi apa yang sekiranya dibutuhkan pembaca. To the point edition. Oke, kita mulai saja ya?
Apa keistimewaan Curug Cikuluwung?
Setelah beberapa kali mengunjungi fenomena air terjun di Bogor mulai dari curug yang katanya ‘ngumpet’ tapi ternyata nggak ngumpet sama sekali sampai curug yang betul-betul butuh perjuangan untuk mencapainya, buat saya Curug Cikuluwung cukup istimewa karena loka…

Wisata Ranggon Hills, Surganya Spot Instagramable di Kota Bogor

Wisata Bogor memang nggak ada matinya!
Beda manusia, beda pula caranya berbahagia. Termasuk bahagia dengan cara berswafoto di lokasi yang dianggap instagramable sehingga bisa mempercantik feed social media khususnya instajram, eh instagram maksudnya. Hal ini menyebabkan wisata yang konon instagramable ramai diserbu masyarakat belakangan ini.

Go to the main topic. Saya ingin memperkenalkan kepada sahabat (yang belum tahu) sebuah tempat wisata baru bernama Ranggon Hills, magnet wisata Bogor terbaru di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)  Kabupaten Bogor. Salah satu wisata asyik yang menawarkan sensasi berfoto dari atas ketinggian.
Sejujurnya, saya sudah tiga kali ke Ranggon Hills, namun baru kali ketiga pergi dengan cuaca yang sangat cerah. Bersama dua saudara perempuan saya dari Jakarta yang sedang berlibur di Bogor, Aida dan Santi, kami bertiga berangkat pukul enam pagi dari rumah saya di Desa Cibening Kecamatan Pamijahan (sekitar 10 Km menuju wisata Ranggon Hills)…

Seenak Apa Sih Makanan Korea???

Annyeong Haseyo???  Mugi-mugi daramang sadayana. Hehehe :D

Huuuhhh nyoba-nyoba kuliner luar negeri memang agak tricky ya teman-teman, apalagi kita yang notabene dari kecil dicekokin makanan Indonesia khususnya makanan Sunda. Nasi liwet, lalab, sayur asem sama ikan asin udah akrab banget di lidah. Tapi kali ini lidah saya harus dibawa keluar zona nyamannya sebagai LISA (Lidah Sunda Asli) dengan mencoba makanan Korea. Sebenarnya ini bukan pertama kali makan makanan Korea, tapi yasudahlah, tak ada kata terlambat untuk menuliskan sesuatu. Akhirnya saya pergi ke Mujigae bersama Sisca, Raster dan Robi, salah satu restoran makanan Korea terfavorit di Jabodetabek.
Sebenarnya keinginan berburu makanan Korea tak lepas dari seringnya saya nonton film Korea akhir-akhir ini, film yang saya dapat dari Sisca, teman kuliah yang dengan senang hati mentransfer sampai puluhan film Korea sekali pertemuan. Sering adanya adegan makan di dalam film mau nggak mau mengenalkan kita akan makanan khas negara ginse…