Langsung ke konten utama

Surat Cinta Untuk Lembah Surya Kencana


Terpijak kakikku di lembahmu,
Di antara dua bukit berpuncak yang saling berhadapan memadu cinta,
Menghalau angin yang menebar diri secukupnya,
Di sela-sela waktu ketika matahari mulai berpendar mengundang pagi,
Aku terbuai,
Selaksa jiwa yang terhampar di satu titik surga yang terjatuh ke bumi,
Aku terlena,
Lupa tentang diriku dan tentang dunia yang sama munafiknya,

Lembah surya kencana,
Terhampar di antara kejujuran yang mengembun, 
Bergelayut mesra setiap pagi di ujung rerumputan dan hamparan bunga abadi,
Tak ada yang sebening itu,
Sejernih pikiran yang diudarai kenangan,

Katakan padaku
Sejak berapa lama kau setia pada Gede pangrango yang indah,
Dari mana ketenangan dan kedamaian itu datang menyelimutimu sampai ke celah-celah,
Di antara sungai kecil keemasan yang terpapar sinar matahari di pagi hari,
Tempat dimana nalurimu mengalir,
Beriak secukupnya di antara kemegahanmu yang begitu tampak di mataku,

Katakan padaku lembah surya kencana, 
Bagaimana rasanya menjadi bijaksana,
Atau setidaknya bisikanlah,
Sehalus bisikan awan berarus cepat yang menari di atasmu dengan tenang,
Di antara kebisuanmu yang penuh teka-teki,

Aku jatuh cinta kepadamu lembah surya kencana,
Sebagaimana adanya dirimu menerimaku di sana,
Seadanya diriku,
Tidak kurang tak jua lebih,
Izinkan kukenang, izinkan kusayang,
Dirimu yang tenang dirimu yang indah,
Selamanya.


~Sebuah karya tercurah di gubuk belakang rumah~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curug Cikuluwung, Wisata Baru di Bogor yang Ngeri-ngeri Sedap!

Ngadem ngapa ngadem. Diem-diem bae hehehe Bumi sejenak menawarkan hangatnya matahari dan birunya langit dalam beberapa hari. Aaaahhh, enaknya sih ke tempat yang adem-adem. Apalagi di Bogor Barat, tempat wisata alamnya banyak gituuuhhh. Kebetulan ada wisata baru, saya bersama Muty pun menyempatkan diri untuk berwisata ke sana. Nama wisatanya adalah Curug Cikuluwung.
Kalau biasanya saya akan berkisah dari berangkat sampai pulang tentang perjalanan wisata yang baru saja dilakukan, kali ini saya cuma akan jawab pertanyaan saja. Pertanyaan yang setelah saya renungkan di tengah kamar yang berantakan mengenai informasi apa yang sekiranya dibutuhkan pembaca. To the point edition. Oke, kita mulai saja ya?
Apa keistimewaan Curug Cikuluwung?
Setelah beberapa kali mengunjungi fenomena air terjun di Bogor mulai dari curug yang katanya ‘ngumpet’ tapi ternyata nggak ngumpet sama sekali sampai curug yang betul-betul butuh perjuangan untuk mencapainya, buat saya Curug Cikuluwung cukup istimewa karena loka…

Wisata Ranggon Hills, Surganya Spot Instagramable di Kota Bogor

Wisata Bogor memang nggak ada matinya!
Beda manusia, beda pula caranya berbahagia. Termasuk bahagia dengan cara berswafoto di lokasi yang dianggap instagramable sehingga bisa mempercantik feed social media khususnya instajram, eh instagram maksudnya. Hal ini menyebabkan wisata yang konon instagramable ramai diserbu masyarakat belakangan ini.

Go to the main topic. Saya ingin memperkenalkan kepada sahabat (yang belum tahu) sebuah tempat wisata baru bernama Ranggon Hills, magnet wisata Bogor terbaru di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)  Kabupaten Bogor. Salah satu wisata asyik yang menawarkan sensasi berfoto dari atas ketinggian.
Sejujurnya, saya sudah tiga kali ke Ranggon Hills, namun baru kali ketiga pergi dengan cuaca yang sangat cerah. Bersama dua saudara perempuan saya dari Jakarta yang sedang berlibur di Bogor, Aida dan Santi, kami bertiga berangkat pukul enam pagi dari rumah saya di Desa Cibening Kecamatan Pamijahan (sekitar 10 Km menuju wisata Ranggon Hills)…

7 Tips Membuat Caption Instagram yang Lovable ala Travelosofi

"Gue pengen upload foto ini di Instagram tapi belom ada captionnya. Bikinin dong ji...”
“Emang caption Instagram harus bagus ya?”
“Iya biar gimana gitu.”
Demikian sepenggal percakapan saya dengan seorang teman yang sedang menunjukkan foto liburannya dari Singapore beberapa waktu lalu. Sebut saja namanya Pokinem. Bukan kali ini saja percakapan saya dengan Pokinem menyentuh ranah Instagram, sebelumnya ia juga pernah bertanya sesuatu kepada saya,
“Pernah nggak sih lo mau upload foto di instagram trus lamaaa deh mikirin captionnya? Karna bingung nggak nemu ampe nggak jadi tuh upload fotonya hahaha.”
Ternyata kalimat tersebut nggak cuma saya temukan saat ngobrol sama Pokinem. Faktanya, percakapan dengan topik “mikirin caption” juga pernah nongol ketika ngobrol bersama beberapa teman yang lain. Bahkan ketika di tempat umum, saya pernah mendengar (sebut saja menguping) anak remaja yang sedang ribut mikirin caption instagram.
Setiap sosial media memang diciptakan dengan misi tertentu selain un…